Senin, 01 Januari 2018

Kisah Kaum Muhajirin dan Ansar Perbedaan Kaum Muhajirin dan Ansar

Kaum Muhajirin adalah penduduk makkah yang telah memeluk Islam dan Hijrah bersama Nabi Muhammad ke Madinah. Sedangkan Kaum Ansar adalah penduduk Islam Madinah yang memberi perlindungan kepada kaum Muhajirin di Madinah.
Perjuangan Kaum Muhajirin

Setelah memeluk Agam Islam kaum muhajirin mendapat tekanan dan penyiksaan dari kaum kafir Quraisy. Mereka meninggalkan harta dan tempat tinggalnya untuk mengikuti Rasulullah berjuang menegakkan Agama Islam. Peristiwa hirjah Nabi dan sahabatnya adalah hijra yang kedua. Sebelumnya kaum muslimin Makkah pernah berhijrah ke Abbesinia(Ethiopia).
Peristiwa hijrah dari Mekah ke Madinah diawali oleh pengucapan baiat Aqobah I dan II oleh penduduk Madinah dari suku Aus dan Khazraj. Pada baiat Aqobah I mereka berjanji untuk tidak menyekutukan Tuhan, berzina, mencuri, dan menghindari sifat tercela.Sedangkan pada baiat Aqobah II mereka berjanji akan melindungi Rasulullah dan kaumnya di Madinah.
Perjuangan Kaum Ansar
Kaum Ansar menyambut kaum Muhajirin dengan suka cita, dan saling bahu membahu membantu kaum muhajirin yang baru saja datang. Sehingga mereka hidup berdampingan saling tolong menolong.
Meneladani Perilaku Terpuji Kaum Muhajirin dan Ansar
-         Meneladani Keigigihan kaum Muhajirin

-         Meneladani prilaku tolong menolon gkaum Ansar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar