Rabu, 08 November 2017

Guru Zaman Now



Tanpa alasan apapun “Guru Zaman Now” sudah kreatif dalam proses pembelajaran. Berbagai macam media dibuat dengan berfariasi untuk menarik minat belajar peserta didik. Administrasi pembelajaran dibuat lengkap dengan mengikuti prosedur kurikulum 2013.  Sehingga kehadirannya selalu dinatikan oleh peserta didik dan dijadikan contoh oleh guru lain.

Pada praktiknya masih belum banyak yang menjadi “Guru Zaman Now”. Meskipun sudah mengikuti diklat berkali – kali mereka lebih memilih menggunakan cara pengumuman atau ceramah full di kelas.  Banyak alasan yang menjadikan mereka belum bergeming, yang PNS beralasan hampir pensiun sudah tanggung gaptek. Sementara itu guru GTT beralasan tidak ada waktu untuk membuat media dan bahan ajar karena harus mencari uang tambahan untuk kebutuhan sehari hari. Lalu pendidikan ini menjadi tanggung jawab siapa?
Sebuah PR besar buat guru muda yang masih fresh dan tidak gaptek untuk mengajar dengan mengikuti perkembangan zaman. Lakukanlah sebaga panggilan hati bukan sebuah tuntutan yang berbuntut membebani. Meningkatkan kualitas diri sebagai guru meskipun tanpa melalui PLPG adalah sebuah keharusan. Jika menunggu pengakuan pemerintah akan banyak waktu yang terbuang. Karena sekarang proses PLPG harus memenuhi banyak persyaratan. Tunjukan kualitas  kita sebelum mendapatkan gelar professional. Mereka para peserta didik menanti hirroh  kita dalam keseriusan mengajar bukan menanti kita PLPG.  
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar