Kamis, 09 November 2017

Rangkuman Materi Kelas 6 Q.S. al- Maidah ayat 3 dan Q.S. al Hujurat ayat 13


Assalamu'aalikum anak - anak ku tercintah..

Ketika kalian membuka blog ini berarti kalian sudah mengikuti prosedur untuk belajar bersama bu Najah di kelas 6. Oleh karena itu bu Najah ucapkan banyak terimakasih  telah bekerja sama.


1.        Q.S. al-Maidah ayat 3
Q.S al-Maidah ayat 3 adalah ayat al-Quran yang terakhir diturunkan tepatnya pada tanggal 9 dzulhijjah tahun 10 H yaitu ketika Rasulullah melaksanakan haji Wada’. Al-Maidah berarti hidangan, surat ini berisi penjelasan Allah mengenai makanan dan binatang yang diharamkan untuk dimakan serta pernyataan Allah bahwa agama Islam telah disempurnakan.  
hurrimat 'alaykumu almaytatu waalddamu walahmu alkhinziiri wamaa uhilla lighayri allaahi bihi waalmunkhaniqatu waalmawquudzatu waalmutaraddiyatu waalnnathiihatu wamaa akala alssabu'u illaa maa tsakkaytum wamaa dzubiha 'alaa alnnushubi wa-an tastaqsimuu bial-azlaami dzaalikum fisqun alyawma ya-isa alladziina kafaruu min diinikum falaa takhsyawhum waikhsyawni alyawma akmaltu lakum diinakum wa-atmamtu 'alaykum ni'matii waradhiitu lakumu al-islaama diinan famani idthurra fii makhmashatin ghayra mutajaanifin li-itsmin fa-inna allaaha ghafuurun rahiimun
 
Diharamkan bagimu [memakan] bangkai, darah[1], daging babi, [daging hewan] yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya[2], dan [diharamkan bagimu] yang disembelih untuk berhala. Dan [diharamkan juga] mengundi nasib dengan anak panah[3], [mengundi nasib dengan anak panah itu] adalah kefasikan. Pada hari ini [4] orang-orang kafir telah putus asa untuk [mengalahkan] agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni’mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barangsiapa terpaksa[5] karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (3)
 Adapun rincian kandungan Q.S. al - Maidah ayat 3 adalah sebagai berikut :
1. Menjelaskan tentang makanan yang haram
  Almaitatu = Bangkai
  waddamu = Darah
  waLahmul khinziri = Daging babi
  Wama uhilla ligairallahi = Hewan yg disembelih tdk menyebut nama Allah
  lmunkhaniqatu = yang tercekik                          
  Walmauquudzatu = yang dipukul                                                 
  Walmutaroddiyatu = yang jatuh                                     
  Wannatiihatu = yang ditanduk
  Wama akalassabu’ =  yang diterkam binatang buas
  Wamazubiha ‘ allan-nusubi = dan yang disembelih untuk berhala

1.      Q.S al-Hujurat ayat 13





Artinya :
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Surah Al-hujurat terdapat dalam alquran surah ke-49. terdiri dari 18 ayat, termasuk kelompok surah Makkiyah ( turun di kota Mekah), Al-Hujurat artinya bilik-bilik atau kamar




Isi kandungan Q.S al Hujurat ayat 13
  •   Allah menciptakan manusia dari laki-laki  (nabi Adam) dan  seorang perempuan (Hawa)
  •   Allah menjadikan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa dengan tujuan agar saling kenal.  Dari saling kenal diharapkan melahirkan sikap saling menghargai, saling menghormati , saling berbagi dan saling menyayangi satu sama lain.
  •   Orang yang paling mulia bukanlah orang banyak hartanya, tinggi jabatannya dan lain sebagainya, tetapi dimata Allah orang yang paling mulia adalah orang yang paling bertaqwa. Hadits Rasulullah Saw. Yang artinya : “ sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk tubuh dan rupa kamu tetapi yang Allah lihat adalah hati dan amal perbuatanmu”.

3 komentar: